DPRD Jabar Ingin Tambah Pimpinan Jadi 6, Keputusan Tunggu Mendagri

DPRD Jabar Ingin Tambah Pimpinan Jadi 6, Keputusan Tunggu Mendagri
120 Anggota DPRD Jabar Dilantik. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey
Merdeka.com - Kursi pimpinan DPRD Jabar periode 2019-2024 diusulkan bertambah dengan formasi satu ketua dan lima wakil ketua. Namun, kebijakan itu menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri terlebih dahulu.
Alasan penambahan kursi pimpinan tersebut tidak terlepas dari penambahan dapil pada pemilihan umum (Pemilu). Anggota DPRD Jabar periode lalu sebanyak 100 orang, untuk periode sekarang menjadi 120 orang.
Sementara untuk UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, menyatakan jumlah pimpinan dewan lima orang terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua untuk anggota dewan berjumlah 85 hingga 100 orang.
"Sementara jumlah anggota DPRD Jabar saat ini itu 120 orang dan itu belum diatur soal komposisi pimpinannya," kata calon Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat usai paripurna di DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (17/9).
Adapun enam nama yang akan diusulkan terkait usulan tersebut adalah Taufik Hidayat dari Gerindra (Ketua), Achmad Ru'yat dari PKS (Wakil Ketua), Ineu Purwadewi Sundari dari PDIP (Wakil Ketua), Ade Barkah Surahman dari Golkar (Wakil Ketua), Oleh Soleh PKB (Wakil Ketua), dan Irfan Suryanagara dari Demokrat (Wakil Ketua).
Ia memprediksi jawaban dari Kemendagri akan keluar pada minggu depan. Meski begitu, ia akan menerima jika usulan yang disampaikan pada akhirnya ditolak oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
"Kami baru mengusulkan (enam pimpinan), keputusan nanti dari Mendagri. Kita siap kalau nantinya ditolak," pungkasnya. [bal]
Share:

Recent Posts